Standar Ukuran Lapangan Bola Voli [+Contoh Gambar]

7 min read

Ukuran panjang dan lebar ukuran lapangan bola voli putra dan putri✅ Gambar lapangan bola voli beserta ukurannya menurut FIVB✅

Bola voli merupakan olahraga yang dimainkan secara beregu. Olah raga ini memiliki aturan dalam penggunaan lapangan bola, baik untuk pemain putra ataupun pemain putri.

Setiap detail lapangan bola voli tentunya memiliki kriteria dan syarat syarat yang harus dipenuhi. Sebagai contoh permukaan lantai bola voli indoor haruslah menggunakan lantai kayu yang kuat dan sesuai standar yang ditetapkan.

Berikut adalah rincian mengenai macam macam ukuran lapangan bola voli beserta detail detail yang ada didalamnya sesuai dengan standar Nasional & Internasional.

Standar Ukuran Lapangan Bola Voli

ukuran lapangan bola voli
Gambar Ukuran Lapangan Bola Voli Via : www.wysc.org

Menurut asosiasi bola voli Internasional (FIVB), standar ukuran lapangan bola voli memiliki panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Luas lapangan ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu 9m x 9m oleh jaring net dengan lebar 1 meter dan tinggi 2,43 meter untuk putra dan 2,24 meter untuk putri.

Ukuran diatas merupakan ukuran baku (standar) yang digunakan pada kompetisi bola voli putra dan putri. Namun masih ada juga berbagai ukuran lain yang bervariasi mengikuti kategori kompetisi bola voli yang dipertandingkan, seperti bola voli junior, mini, indoor, outdoor, voli pantai maupun kelas veteran.

Untuk memudahkan teman teman dalam mencari informasi panjang dan lebar ukuran lapangan bola voli yang benar, berikut kami paparkan detail tabel lengkapnya :

Area Ukuran Voli Putra Ukuran Voli Putri
Panjang Lapangan 18 Meter 18 Meter
Lebar Lapangan 9 Meter 9 Meter
Tinggi Net/ Jaring 2,43 Meter 2,24 Meter
Lebar Net/ Jaring 1 Meter 1 Meter
Tinggi Antena Net 80 cm Diatas Jaring 80 cm Diatas Jaring
Zona Bebas Garis Samping 5 Meter 3 Meter
Zona Bebas Garis Ahir 8 Meter 7 Meter
Lebar Tanda Garis 5 Cm 5 Cm
Garis Batas 9 m x 9 m 9 m x 9 m
Lebar Zona Servis 9 m 9 m
Panjang Zona Servis 15 m 15 m
Area Penalti 1 m x 1 m 1 m x 1 m
Tinggi Tiang 2,55 meter 2,55 meter
Tinggi Ruang dari Lapangan 7 – 10 Meter 7 – 10 Meter
Diameter Bola 18-20 cm 18-20 cm

Karena permainan ini sudah dimainkan sejak lama, tentunya sudah ada aturan paten mengenai ukuran lapangan yang digunakan. Lapangan digunakan untuk pertandingan, permainan maupun latihan.

Baik putra maupun putri memiliki aturan yang sedikit berbeda terkait ukuran lapangan. Berikut untuk detail ukuran lapangan bola voli putra dan putri sesuai standar Nasional Indonesia.

  1. Ukuran Lapangan Bola Voli Putra

ukuran lapangan bola voli putra
Gambar ukuran lapangan bola voli putra

Sebelum dilakukan pertandingan, ukuran lapangan bola voli putra harus lengkap dengan syarat, ukuran dan peralatan yang digunakan. Berikut merupakan aturan ukuran dalam lapangan bola voli untuk regu putra.

  • Panjang lapangan bola voli adalah 18 meter.
  • Lebar lapangan bola voli adalah 9 meter
  • Panjang garis lapangan bola voli adalah 3 meter, ukuran yang sama untuk daerah servis lapangan.
  • Lebar garis lapangan adalah 5 cm.
  • Luas lapangan bola voli untuk pemain putra adalah 162 meter persegi atau 18 meter x 9 meter.
  • Tinggi net adalah 2,43 m dan ditempatkan secara vertikal di atas garis tengah. Lebar net/ jaring yaitu 1 meter dengan panjang 9,5 m‑10 m dan jaring hitam persegi 10 cm.
  • Zona servis adalah area selebar 9m di belakang setiap garis akhir dan meluas ke ujung zona bebas. Panjangnya 15cm dan ditarik 20cm di belakang garis akhir sebagai perpanjangan dari garis samping.
  • Antena net memiliki panjang 1,8 m dan diameter 10 mm diikat pada sisi berlawanan dari jaring. Bagian atas antena memanjang 80cm di atas jaring dan ditandai dengan garis-garis 10cm berwarna kontras
  • Tiang lapangan memiliki tinggi 2,55 meter yang letaknya 1 meter diluar garis samping lapangan.
  • Area penalti memiliki dimensi ukuran 1 m x 1 m dan berada pada area kontrol di luar garis akhir.

Ukuran ini juga berlaku secara internasional, sehingga pertandingan nasional ataupun internasional dilakukan dengan ukuran lapangan yang sama.

  1. Ukuran Lapangan Bola Voli Putri

ukuran lapangan bola voli putri
Gambar ukuran lapangan bola voli putri

Berikutnya adalah ukuran lapangan bola voli untuk putri. Sebenarnya ukuran lapangan voli putra maupun putri tidak berbeda jauh. Permainan yang dilakukan di dalam negeri ataupun luar negeri juga tidak mengalami perbedaan.

Meski serupa, namun ada perbedaan dalam ukuran lapangan tersebut. untuk lapangan putra, kisaran ukurannya adalah 18 x 9 meter. Sedangkan untuk putri, kisaran ukurannya adalah 16 x 7 meter.

Selain perbedaan pada luas lapangan, perbedaan lain juga ditemukan dalam tinggi net. Untuk putra, tinggi net adalah  2,43 meter sedangkan untuk putri 2,42 meter. Untuk ukuran yang lain, antara putra dan putri lapangannya tidak berbeda jauh.

Zona servis voli putri memiliki area selebar 9 m di belakang setiap garis akhir dan meluas ke ujung zona bebas. Panjang zona servis untuk kategori voli putri adalah 15 cm dan ditarik 20 cm di belakang garis akhir sebagai perpanjangan dari garis samping.

  1. Ukuran Lapangan Bola Voli Mini

ukuran lapangan bola voli mini
Gambar ukuran lapangan bola voli mini

Selain untuk putra dan putri, terdapat pula ukuran lapangan bola voli mini. Standarnya berbeda antara nasional dengan internasional, sebab permainan bola voli ini untuk anak-anak. Tinggi badan anak-anak di setiap negara tentu berbeda antara satu dengan yang lain.

Dibandingkan dengan ukuran lapangan bola voli putra dan putri sebelumnya, ukuran lapangan voli mini jauh lebih kecil, berikut adalah keterangannya:

  • Tinggi net putra hanya 2,1 meter, sedangkan tinggi net putri hanya 2 meter.
  • Panjang lapangan bola voli mini tidak lebih dari 12 meter.
  • Terakhir adalah lebar bola voli, lebar lapangan tidak lebih dari 6 meter.

Jika hendak melakukan pertandingan bola voli mini, ukurannya bisa tidak sesuai dengan standar internasional dan tetap sah untuk dilakukan.

  1. Ukuran Lapangan Bola Voli Pantai

ukuran lapangan bola voli pantai
Gambar ukuran lapangan bola voli pantai

Olahraga bola voli merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat flexibel dilakukan di berbagai area. Salah satunya adalah bola voli pantai.

Dimensi ukuran lapangan voli pantai menurut NCAA dan FIVB adalah 16 m x 8 m (52’6″ kali 26’3″) dengan zona bebas (ruang kosong) sebesar 6 meter sampai 9 meter.

Sedangkan untuk kompetisi FIVB Dunia dan Resmi, zona bebas minimal 5m (16′) dan maksimal 6m (20′) dari garis akhir/garis samping. Zona bebas ini harus berukuran minimal 12,5 m (41’) dari permukaan lapangan.

Untuk kompetisi FIVB Dunia dan Resmi, zona bebas minimal 5m (16′) dan maksimal 6m (20′) dari garis akhir/garis samping. Ruang bermain bebas harus berukuran minimal 12,5 m (41’) dari permukaan lapangan.

  1. Ukuran Lapangan Bola Voli Plastik

Ukuran lapangan bola voli plastik agak sedikit lebih kecil dibandingkan dengan bola voli biasa. Ini terlihat dengan penggunaan luas lapangan voli yang hanya 12 x 6 meter. Ukuran ini tidak jauh berbeda dengan ukuran lapangan bola voli jenis mini.

Tinggi net yang digunakan juga berbeda dengan tinggi net bola voli pada umumnya. Ini karena bola plastik memiliki ukuran yang berbeda dibandingkan dengan ukuran bola voli secara umum. Tinggi badan dan net bola voli ini juga disesuaikan, sehingga permainan bisa dilangsungkan dengan baik.

  1. Ukuran Garis Batas Lapangan Bola Voli

Berikutnya adalah ukuran garis batas lapangan bola voli. Garis batas merupakan garis yang dibuat di luar garis lapangan bola voli. Untuk pertandingan bola voli, ukuran di pinggirnya tidak lebih dari 3 meter dari garis terluas lapangan.

Jika melangsungkan pertandingan secara resmi, ruang bebas yang disediakan di lapangan adalah 5 meter. Sedangkan garis samping lapangan yang digunakan adalah 8 meter, begitu pula dengan garis belakangan. Ruang bebas ini digunakan untuk mengejar bola voli, khususnya ketika mereka hendak mengejar bola di luar lapangan.

Garis tengah membagi lapangan permainan menjadi dua lapangan yang sama, masing-masing berukuran 9m x 9m. Garis ini memanjang dari bawah net dari sideline ke sideline. Garis batas ini terbagi menjadi dua yakni garis samping dan garis akhir.

  1. Ukuran Net/ Jaring Bola Voli

Aturan bola voli tidak hanya terbatas untuk lapangannya saja, terdapat ukuran net bola voli juga harus diatur dengan baik. Jika tidak memenuhi standar, maka pertandingan bisa dibatalkan dan tidak sah. Untuk ukurannya adalah:

  • Tinggi net bola untuk putri adalah 2,43 meter sedangkan untuk putri 2,24 meter.
  • Lebar net adalah 1 meter dengan panjang 9 meter.
  • Tinggi net bola voli adalah 2,55 meter dengan jarak garis tepi 0,5 – 1 meter.
  • Tinggi antena bola voli sekitar 80 cm diatas net.
  1. Ukuran Diameter Bola Voli

Terakhir adalah ukuran bola voli, diameter yang dipakai adalah 18-20 cm, sedang keliling bola adalah 65-67 cm. berat bola yang digunakan tidak boleh lebih dari 260 gram sampai 280 gram.

Gambar Lapangan Bola Voli dan Ukurannya

Setelah anda mengetahui ragam detail ukuran lapangan bola voli untuk putra maupun putri, selanjutnya akan kami rangkum macam macam contoh gambar lapangan bola voli beserta ukurannya yang mudah digambar untuk refrensi belajar teman teman semuanya.

gambar lapangan bola voli dan keterangannya
Gambar lapangan bola voli dan keterangannya
gambar lapangan bola voli dan ukurannya
Gambar lapangan bola voli dan ukurannya
gambar lapangan bola voli beserta ukurannya yang mudah digambar
Gambar lapangan bola voli beserta ukurannya yang mudah digambar
contoh gambar lapangan bola voli
Contoh gambar lapangan bola voli
gambar lapangan bola voli mini
Gambar lapangan bola voli mini
gambar lapangan bola voli 3D
Gambar lapangan bola voli 3D
gambar sketsa lapangan bola voli
Gambar sketsa lapangan bola voli
gambar lapangan bola voli pantai
Gambar lapangan bola voli pantai

Video Tutorial Menggambar Lapangan Bola Voli dan Ukurannya

Berikutnya silahkan teman teman simak video tutorial bagaimana cara menggambar lapangan bola voli beserta ukurannya dengan mudah dan benar. Video penunjang ini kami lansir dari youtube.com channel MBrio Studio.

Sumber : Youtube.com Via Channel MBrio Studio

Pertanyaan Terkait Ukuran Lapangan Bola Voli

1. Siapa tokoh penemu bola voli pertama kali?

Bola voli pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) bernama William G Morgan pada 9 Februari 1895  di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat.

Olahraga bola voli pertama kali dikenalkan sebagai permainan yang secara konseptual menggabungkan berbagai aspek tenis, bulu tangkis, bola basket, baseball, dan bola tangan.

Nama asli untuk bola voli adalah ‘mintonette’ yang merupakan spin-off dari nama olahraga bulu tangkis.

2. Berapa jumlah pemain dalam tim bola voli ?

Standar tim bola voli terdiri dari enam pemain di lapangan dan 6 pemain di bangku cadangan. Sedangkan untuk permainan bola voli pantai hanya dimainkan oleh 2 orang pemain saja.

3. Berapa lama durasi waktu dalam permainan bola voli ?

Permainan bola voli rata-rata berlangsung antara 60 hingga 90 menit dengan setiap permainan individu berlangsung sekitar 20 sampai 25 menit.

Secara resmi, permainan bola voli tidak memiliki aturan waktu yang baku. Permainan akan dianggap telah selesai ketika sebuah tim telah memenangkan tiga pertandingan dari lima kemungkinan pertandingan.

4. Apa yang membedakan permainan bola voli putra dan putri ?

Secara umum, aturan aturan yang mengikat pada permainan bola voli putra dan putri adalah sama. Namun letak perbedaan dalam permainan bola voli putra dan putri yang paling menonjol adalah ukuran spesifikasi lapangan yang sedikit mempunyai selisih (tidak sama).

5. Apa Saja Komponen komponen penting dalam lapangan bola voli ?

Ada beberapa komponen yang merupakan syarat dan harus ada pada setiap lapangan bola voli. Diantara komponen komponen tersebut adalah :

a. Area servis (service area) yaitu zona untuk servis pemain yang letaknya diantara perpanjangan dua garis tepi dan dibelakang garis ujung.

b. Lapangan depan (front zone), yaitu area yang terletak di antara garis serang dan jaring.

c. Lapangan belakang (back zone), yaitu area yang terletak di antara garis serang dengan garis ujung.

d. Garis tepi (side line) merupakan garis yang menandai sisi area bermain.

e. Garis tengah (centre line) merupakan garis pembagi lapangan yang melintang sejajar dengan arah net/ jaring. Garis ini terletak persis dibawah net lapangan.

f. Garis ujung (back line) merupakan garis batas penanda untuk masing masing pemain.

g. Garis serang (offensive line) merupakan garis yang berjarak 3 meter dari jaring/ net lapangan. Garis serang ini memiliki posisi yang sejajar dengan jaring pada masing-masing sisi area bermain sehingga membentuk lapangan bagian depan (front zone) dan lapangan bagian belakang (back zone).

6. Siapa saja yang bertugas mengawal pertandingan bola voli ?

a. Pemain = Orang yang akan bertanding dalam permainan, umumnya terdiri dari 12 orang yang tersusun atas 6 pemain inti dan 6 sebagai cadangan.

b. Skorer = Petugas yang memasang skor angka pada papan skor.

c. Wasit 1 = Petugas yang mengatur jalannya pertandingan yang umumnya duduk di posisi kursi atas.

d. Wasit 2 = Petugas yang berperan sebagai pembantu wasit 1 dalam mengawasi jalannya pertandingan.

e. Inspektur Pertandingan = Penanggung jawab pelaksanaan pertandingan.

f. Pencatat Nilai = Petugas yang bertanggung jawab mencatat perolehan nilai selama pertandingan berlangsung.

g. Pencatat Waktu = Petugas yang mencatat berjalannya waktu selama pertangindan berlangsung.

h. Petugas pengambil bola.

Jangan Lewatkan Info Ukuran Lapangan Olahraga Lainnya :
Ukuran Lapangan Bola Basket Ukuran Lapangan Bulu Tangkis
Ukuran Lapangan Sepak Bola

Demikianlah serangkaian informasi terkait gambar lapangan bola voli beserta ukurannya standar Nasional dan Internasional yang bisa wikistatistika.com ulas. Semoga informasi tersebut dapat memudahkan Anda, terutama yang masih kesulitan untuk mengetahui ukuran lapangan bola voli.

5/5 - (1 vote)

2 Replies to “Standar Ukuran Lapangan Bola Voli [+Contoh Gambar]”

  1. Pingback: Sawitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *