Ukuran Hebel (Bata Ringan) Per Biji, Kubik, Meter

4 min read

Info spesifikasi dan ukuran hebel (Bata Ringan) per biji Standar di Indonesia✅ Ukuran bata hebel 1 kubik & 1 meter untuk Dinding✅

Hebel merupakan salah satu produk konstruksi yang dibutuhkan untuk membangun berbagai gedung. Dari rumah, kantor, sekolah dan masih banyak lagi kegunaan dan fungsinya.

Anda yang ingin menggunakan bata ringan namun masih ragu, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai apa itu hebel dan beragam ukuran hebel yang dijual dipasaran yang sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakannya,

Hebel sebenarnya adalah merek dagang, bukan nama barang. Hebel sendiri lebih sering diartikan sebagai bata ringan yang berasal dari Indonesia. Hebel diproduksi di Jawa Barat sejak tahun 1995.

Nah untuk anda yang masih asing dengan apa yang disebut hebel atau bata ringan, berikut kami tampilkan detail spesifikasinya untuk anda.

Spesifikasi Bata Hebel

Ukuran 60 x 20 x 7.5 cm / 60 x 40 x 10 cm
Material Semen
Bentuk Persegi Panjang
Toleransi Ukuran +1 or -1 mm
Densitas Normal (Kering) 550-650 Kg/m3
Ketahanan Api 2 to 6 Jam ( Tergantung Ketebalan)
Konduktivitas Termal 0.16 W/m-k
Daya Peredaman Suara 45 Db untuk Tebal Dinding 200 mm
Modulus Elastisitas 2040 Mpa
Resistansi Termal 0.46 M2-0 K/w
Dry Shinkage 0.04 %

Seperti yang dilansir pada halaman Wikipedia.org, Bata hebel atau bata ringan dibuat menggunakan campuran semen dan tanah liat, ukurannya tentu berbeda dengan batu bata merah atau batako.

Inilah sebabnya, kekuatan hebel tidak sebaik dengan batu bata merah dalam hal ketahanan produk. Meski demikian, hebel dinilai lebih baik dari bata merah dari segi penahanan suhu.

Ragam Varian Hebel yang Dijual di Indonesia :

Agar tidak salah dalam membeli bata ringan, Anda harus tahu ukuran dan jenis-jenisnya. Berikut ini adalah jenis jenis hebel yang tersedia di pasaran, diantaranya adalah:

  • Hebel Cilticon

Hebel citicon merupakan hebel yang disebut sebagai bata ringan. Ini merupakan generasi terbaru dalam hebel dan sudah banyak dijual sekarang ini. Sesuai dengan namanya, bata ini merupakan bata ringan dari aerasi yang pertama kali di pasarkan di Indonesia.

  • Hebel Falcon

Berikutnya adalah hebel falcon, jenis hebel ini merupakan jenis bata ringan dengan tipe AAC. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat bata ini adalah silica, semen, serta gypsum. Setelah tercampur, semua bahan tersebut akan dikeringkan dengan tekanan tinggi.

  • Hebel Bricon

Jenis hebel lain yang bisa Anda gunakan adalah hebel bricon, hebel ini merupakan bata ringan yang banyak diproduksi di Jawa Timur. Saat ini bata model bricon menjadi hebel yang mudah ditemukan, sebab cabang pabriknya sudah tersebar di Bali, Kalimantan dan juga Jawa.

  • Hebel Ecoblock

Serupa dengan hebel model bricon, hebel ecoblock merupakan hebel yang memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan yang lain. Biasanya digunakan untuk membangun perumahan mewah, apartemen ataupun condohotel.

  • Hebel Brix

Terakhir adalah hebel brix, hebel ini merupakan bata yang ringan dengan jenis dan tipe AAC. Dibandingkan dengan hebel yang lain, hebel ini memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan hebel lain, cocok untuk membangun rumah dan gedung kantoran.

Ukuran Hebel Standar

ukuran hebel

Standar ukuran hebel (Bata ringan) di Indonesia adalah 60 x 20 x (7.5 / 10 / 12.5 / 20 cm) untuk jenis bata ringan AAC, dan 60 x 40 x (7.5 / 10/ 12.5 / 20 cm) untuk jenis bata ringan Jumbo.

Anda yang sedang ingin membangun rumah atau gedung dan membutuhkan hebel, tentu harus tahu pilihan yang tepat. Ukuran hebel bisa disesuaikan dengan kebutuhan, umumnya di pasaran Anda akan menemukan ukuran hebel dipasaran berikut ini :

  • Ukuran Hebel AAC Kecil

Sesuai dengan namanya, ukuran hebel ini lebih kecil dibandingkan dengan hebel yang lain. Anda bisa mencarinya dengan mudah di toko bangunan yang menyediakan. Hebel AAC blok kecil umumnya tersedia dengan ukuran 60 cm x 20 cm x 7.5 cm.

  • Ukuran Hebel AAC Jumbo

Ukuran hebel AAC block jumbo ini merupakan hebel dengan varian yang berkebalikan dari blok kecil. Bahan dan pengeringan yang digunakan sama dengan tipe AAC, namun ukuran hebel ini jauh lebih besar dibandingkan hebel blok kecil. Untuk hebel AAC jumbo umumnya memiliki ukuran 60 cm x 40 cm x 10 cm.

  • Ukuran Hebel CLC

Ukuran hebel CLC, untuk tipe CLC ukurannya biasanya tidak lebih dari 60 x 20 cm, ketebalannya berkisar di angka 7 cm sampai 10 cm. Bata ringan CLC ini merupakan jenis hebel yang mengalami proses curing secara natural (alami).

Perbedaan mendasar yang ada pada hebel CLC dengan AAC terletak pada proses pengeringannya yang dilakukan secara alami dengan tenaga matahari. Sedangkan pada bata ringan AAC proses pengeringan dilakukan menggunakan mesin autoclaved bertekanan tinggi.

  • Ukuran Hebel Per Kubik

Terakhir adalah ukuran hebel per 1 kubik, dengan standar panjang 60 cm dan lebar 20 cm. tebal dari hebel ini biasanya tidak lebih dari 7,5 cm dengan ukuran tiap kubiknya adalah 111,11 pcs.

Dibawah ini bisa anda lihat tabel ukuran hebel per kubik jika anda ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan 1 kubik hebel berapa biji.

Jenis  Panjang Lebar Tebal 1 Kubik
Hebel 7.5 60 cm 20 cm 7.5 cm 111 Pcs
Hebel 10 60 cm 20 cm 10 cm 83 Pcs
Hebel 12.5 60 cm 20 cm 12.5 cm 69 Pcs
Hebel 15 60 cm 20 cm 15 cm 55 Pcs
Hebel 20 60 cm 20 cm 20 cm 41 Pcs

Dari tabel bata ringan diatas dapat kita lihat bahwa Jumlah hebel 1 kubik untuk hebel ukuran 7.5 adalah 111 biji, sedangkan untuk hebel berukuran 10 cm = 83 biji, hebel ukuran 12,5 = 69 biji, hebel ukuran 15 cm = 55 biji, dan hebel ukuran 20 cm berjumlah 41 biji.

1 Kubik Hebel Berapa Meter ?

Menghitung kebutuhan hebel harus dilakukan dengan seksama, jika tidak 1 kubik hebel berapa meter tidak akan terisi dengan baik. Jika pemasangan tidak dilakukan dengan benar, maka kemungkinan budget yang sudah Anda siapkan untuk hebel akan terlalu besar.

Untuk 1 kubik  hebel berapa biji, biasanya ini tergantung dengan jenis hebel yang digunakan. Untuk satu kubiknya, biasanya tidak lebih dari 110 buah, bisa pula hebel dalam satu kubik memiliki sekitar 111-112 buah.

Lalu 1 kubik hebel berapa meter? Hebel 1 kubik dengan ukuran 7.5 bisa digunakan untuk membuat dinding 13,3 Meter persegi (m2). Angka ini didapatkan dari pembagian dari jumlah hebel tiap 1 kubik dengan ukuran hebel yang digunakan.

Untuk lebih mudah dalam memahami perhitungan 1 kubik hebel berapa meter, silahkan teman teman lihat pada rumus dibawah ini :

Kita asumsikan menghitung hebel 1 kubik (m3) ke meter persegi (m2) menggunakan ukuran 60 cm x 20 cm x 7.5 cm

1 Kubik (m3) hebel = 1 : (0,075 x 0,2 x 0,6)

= 1/0.009

= 111,11 pcs

Luas Dinding = 13.33 m2

Kelebihan & Kekurangan Bata Hebel

bata hebel

Keunggulan :

  • Berbicara mengenai kelebihan, hebel memiliki keunggulan berupa bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan bahan bangunan yang lain.
  • Hebel juga bisa menjadi insulator yang baik serta ketahanannya bisa sekuat beton. Dengan hebel, Anda bisa memasangnya lebih cepat daripada menggunakan bata merah.
  • Bentuknya yang presisi membuatnya lebih mudah dalam proses instalasi/ pemasangan.
  • Varian ukuran yang seragam dan simetris sehingga mudah dalam penyusunannya.
  • Material yang memiliki sifat kedap air dan tahan terhadap rembesan air.
  • Bobot material yang ringan membuatnya cocok digunakan untuk konstruksi bangunan bangunan tinggi.
  • Tingkat resistensi dan kekuatan terhadap cuaca yang tergolong tinggi.
  • Pengeringan yang cepat sehingga meningkatkan efisiensi waktu kerja.

Kelemahan :

  • Meski begitu, bata ringan tetaplah memiliki kekurangan, salah satunya ialah proses pengeringanya yang jauh lebih lama dibandingkan dengan batu bata yang lainnya.
  • Memerlukan tukang bangunan khusus yang faham tentang hebel. Penggunaan tukang bangunan juga penting, sebab tanpa tukang berpengalaman, Anda sulit untuk memasangnya secara mandiri.
  • Membutuhkan perekat khusus (Semen instant). Jika ingin menggunakan hebel, Anda juga harus menggunakan perekat khusus agar bisa terpasang dengan baik.
  • Tekstur pada permukaan hebel yang halus membuat hambatan tersendiri ketika anda ingin merekatkannya.
  • Saat pemasangan, hebel harus benar benar terlindungi dari air sehingga tidak bisa anda pasang saat terjadi hujan.
  • Harga relatif lebih mahal dibandingkan dengan bata merah maupun batu batako.

Demikian Informasi yang bisa wikistatistika.com sajikan mengenai hebel, jenis dan macam-macamnya, semoga bisa membantu Anda yang sedang berencana merenovasi rumah menggunakan material bata ringan ini.

Apabila Anda ingin membeli bata ringan, pastikan bahwa Anda memilih hebel yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa pertimbangkan budget agar Anda tidak kesulitan dalam proses pembayaran.

5/5 - (1 vote)

One Reply to “Ukuran Hebel (Bata Ringan) Per Biji, Kubik, Meter”

  1. Pingback: Aditya Rahman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *