Ukuran Kertas A6 dalam CM, MM, Inci dan Pixel

3 min read

Ukuran A6 berapa CM?✅ Berikut detail ukuran kertas A6 dalam CM✅ MM✅ Inci✅Pixel✅ menurut Standar Internasional ISO 216✅

Ada beragam ukuran kertas yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari, salah satunya adalah ukuran A6. Jenis kertas ini termasuk dalam kertas seri A yang sudah ditetapkan berdasarkan ketentuan standar internasional ISO 216 atau ISO A.

Ukuran kertas A6 tidak sepopuler kertas A5 atau HVS karena penggunaannya tidak seluas penggunaan kertas A4 dan A5. Untuk membantu anda lebih memahami ukuran ini, berikut wikistatistika.com sajikan detail ulasannya.

Standar Ukuran A6

ukuran A6

Menurut standar ISO 216, ukuran selembar kertas A6 dalam cm adalah 10,5 cm x 14,8 cm atau setara dengan 4,1 × 5,8 inci dan 105 x 148 mm. Jika diukur menggunakan kertas A4, ukuran A6 bisa didapatkan dengan membagi kertas A4 menjadi 4 bagian.

Sementara itu, dua buah kertas A6 yang bersebelahan dalam satu lembar sama dengan ukuran kertas A5, dan jika kita bagi kertas A6 menjadi 2 bagian, kita akan mendapatkan kertas ukuran A7.

Ukuran kertas A6 relatif kecil jika dibandingkan dengan ukuran kertas lainnya. Sehingga penggunaannya pun tidak sebanyak ukuran kertas yang lain.

Ukuran A6 termasuk salah satu ukuran kertas yang sudah dipatenkan di dunia internasional karena sudah mempunyai ketentuan standar ISO 216 atau ISO A. Biasanya standar ISO dalam pengukuran kertas menggunakan satuan mm atau milimeter.

Selembar kertas A6 jika kita potong menjadi dua akan membuat dua lembar kertas A7. Selembar kertas A6 ini bisa kita masukkan ke dalam amplop C6. Ketika dilipat menjadi dua, itu akan membuatnya bisa masuk ke dalam amplop C7.

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa ukuran kertas A6 tidak berpatokan dalam satu ukuran saja. Hal ini dikarenakan kertas A6 bisa dikonversikan dalam beberapa satuan seperti mm, cm, pixel, hingga inch.

  • Ukuran A6 dalam cm

Berapa ukuran kertas A6 dalam cm? Merujuk pada ketetapan Standar ISO 216, ukuran A6 dalam cm adalah 10,5 x 14,8 cm. Artinya, 1 lembar kertas A6 memiliki panjang atau tinggi 14,8 cm dan lebar 10,5 cm.

  • Ukuran A6 dalam mm

Jika dikonversikan dalam satuan milimeter, maka ukuran A6 dalam mm adalah 105 x 148 mm yang berarti ukuran panjangnya 148 mm dan ukuran lebarnya 105 mm. Ukuran tersebut disesuaikan dengan standar ISO 216.

  • Ukuran A6 dalam pixel

Ukuran A6 dalam pixel yakni 298 x 420 px yang berarti kertas A6 mempunyai ukuran panjang 420 pixel dan lebar 298 pixel. Khusus pengukuran dengan satuan pixel, ukurannya bisa saja berbeda karena tergantung dengan nilai PPI yang digunakan.

Resolusi yang diperlukan untuk mencetak gambar ukuran A6 dalam menampilkan gambar dengan benar perlu memiliki resolusi minimum tertentu. Jumlah piksel tergantung pada kualitas output yang diperlukan.

Pada 300 ppi (piksel per inci) misalnya, gambar harus berukuran 1240 x 1748 piksel. Ini adalah resolusi yang diperlukan untuk kualitas cetak offset yang akan dilihat dari jarak dekat (seperti buku, brosur, majalah, kalender, dll).

Untuk photobook, ini juga merupakan resolusi optimal tetapi jumlah piksel yang lebih rendah (hingga 250 dpi) masih memberikan foto dengan kualitas bagus. Sedangkan pada 150 ppi, gambar harus berukuran 620 x 874 piksel. Selengkapnya silahkan lihat pada tabel dibawah ini :

Format Lebar Tinggi
A6 – 72 DPI 298 pixels 420 pixels
A6 – 96 DPI 397 pixels 559 pixels
A6 – 150 DPI 620 pixels 874 pixels
A6 – 300 DPI 1240 pixels 1748 pixels
  • Ukuran A6 dalam inch

Sementara itu ukuran A6 dalam inch adalah 4,13 x 5,83 inch dengan artian ukuran panjangnya adalah 5,83 inch dan ukuran lebarnya adalah 4,13 inch.

  • Ukuran A6 di Photoshop

Untuk ukuran A6 di Photoshop biasanya menyesuaikan ukuran kertas A6 dengan satuan pixel yaitu 298 x 420 px dan tergantung besaran nilai PPI yang digunakan.

  • Ukuran A6 di Word

Sedangkan untuk ukuran A6 di Word menyesuaikan dengan ukuran kertas A6 menggunakan satuan cm. Sehingga ukurannya adalah 10,5 x 14,8 cm.

Penggunaan Kertas Ukuran A6

ukuran a6 dalam cm

Peranan ukuran kertas A6 tidak terlalu luas jika dibandingkan dengan ukuran kertas lainnya seperti A4 dan A5. Akan tetapi, bukan berarti kertas A6 tidak digunakan sama sekali. Karena kertas ini juga digunakan dalam beberapa bidang tertentu.

Ukuran a6 ini umumnya digunakan untuk memproduksi kartu pos, brosur kecil, Alquran mini, atau pamflet. Terkadang, ukuran ini juga sering digunakan untuk membuat buku saku kecil, microfiches perpustakaan, dan kertas toilet.

Penggunaan kertas A6 dalam kegiatan sehari-hari antara lain untuk pembuatan buku saku, pembuatan kertas toilet, pembuatan brosur berukuran kecil, hingga pembuatan microfines perpustakaan. Selain itu, kertas A6 juga digunakan untuk pembuatan kwitansi, nota belanja, kartu nama, selebaran, hingga pamflet. Kertas A6 mempunyai beberapa keunikan seperti:

  1. Tidak mudah untuk dicetak

Kertas A6 bukan berarti tidak dapat dicetak, hanya saja untuk mencetak kertas berukuran A6, printer yang akan digunakan untuk mencetaknya harus dilakukan setting atau pengaturan tambahan. Hal ini dikarenakan ukuran kertas A6 tergolong kecil sehingga mulut printer harus disesuaikan supaya hasil cetakannya tidak miring maupun tidak merusak kertas.

  1. Dapat dibuat dari kertas berukuran A4

Apabila Anda sedang urgent memerlukan kertas ukuran A6 namun tidak mempunyai waktu untuk pergi ke toko alat tulis, maka Anda bisa mengakalinya. Caranya adalah dengan memotong kertas berukuran A4 menjadi 4 bagian sehingga didapatkanlah kertas A6. Atau Anda juga bisa membagi kertas berukuran A7 menjadi 2 bagian agar didapatkan kertas A6.

  1. Memiliki berat yang bervariasi

Walaupun masing-masing ukuran kertas sudah ditetapkan dengan ketentuan standar ISO, namun faktanya ukuran A6 berbeda-beda. Sebagai contoh, Anda menemukan kertas A6 di toko alat tulis berukuran 120 x 64 mm yang memiliki berat sebesar 1,875 gr, padahal ukuran standar kertas A6 menyesuaikan standar ISO yakni 105 x 148 mm.

Cara Setting Ukuran A6 di Word

Sumber Video : Youtube.com Via Channel Virgo Toro

Ukuran A6 dalam microsoft word menggunakan satuan centimeter. Namun Anda juga bisa melakukan kustomisasi pada ukuran A6 sebagai berikut :

  1. Buka ms.word
  2. Pilih menu ‘layout’ atau ‘page layout’
  3. Pilih ‘size’. Jika tidak menemukan ukuran A6, pilih ‘more paper sizes’
  4. Isikan ukuran panjang dan lebar yakni 10,5 cm x 14,8 cm.
  5. Klik Ok

Kesimpulannya, kertas A6 memang tidak sepopuler ukuran kertas lainnya seperti kertas A4 dan A5. Akan tetapi, kertas ini juga bermanfaat untuk berbagai kebutuhan lainnya yang memerlukan ukuran kertas yang kecil.

Jangan Lewatkan Info Ukuran Lainnya :
Ukuran A3 dalam CM Ukuran F4 dalam CM
Ukuran A5 dalam CM Ukuran A4 dalam CM

Kertas A6 ditentukan oleh standar ISO 216 dan merupakan bagian dari seri-A. Jenis kertas yang sangat populer digunakan di seluruh dunia, kertas A6 didukung oleh sebagian besar, jika tidak semua, printer dan program perangkat lunak komputer.

Untuk memastikan kertas A6 Anda dicetak dengan kejelasan dan kualitas gambar yang luar biasa, resolusi Anda harus 105 x 148mm pada 300 PPI (piksel per inci).

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *